Wednesday, March 22, 2006

Udang Goreng Tepung


Kala tinggal di Bontang sampai bosen banget menu ini, bukan apa2 disana surganya udang, udah murah, segar pula.Kecuali udang sungai semua udang laut atau tambak dijual tanpa kepala. Kalau gak inget kesehatan bisa tiap minggu makan udang gede.
Tapi setelah 15 tahun bosen juga makan udang gede, tapi begitu pindah belum setahun tinggalin Bontang, udah ngiler lihat udang, duh manusia .....
Biasanya asistenku yang bikin nih udang, udah jago betul dia bikin sampai yang ngajarin malah kaku lagi bikinnya. Makanya sekarang coba lagi bikin nih udang. Yang bagus kalau bikin udang ini, udangnya gak keras tapi tetep bisa kriuk2 kulitnya dan bagian buntutnya garing betul sampai bisa dimakan kayak krupuk tapi daging yang ada dibadan udangnya juga tetep empuk.

Bahan :

1 kg udang kupas tanpa kepala
2 sdm bawang putih halus
1/2 sdt merica
1 bungkus kaldu ayam bubuk bisa royco, bisa knorr apa aja
campur :
2 sdm maizena
tepung dumas atau plain flour
garam sedikit

putih telur secukupnya.

Kupas udang belah punggungnya buang kotorannya, beri jeruk nipis diamkan 15 menit kemudian cuci, tiriskan kalau perlu diperas hingga kering betul.
Campur udang dengan bumbu dan putih telur, diamkan sebentar.

Balut udang dengan terigu, diamkan 5 menit, kemudian balut lagi dalam terigu lalu taruh dalam sarangan agar tepung yang gak nempel turun, lalu langsung goreng dalam minyak panas. Jangan terlalu penuh agar minyak gak turun banget suhunya.
Gorengnya dengan api besar, kalau apinya gak besar maka hasilnya udangnya keras kayak karet.
Goreng sampai matang, tiriskan dan sajikan hangat2.

Kalau udang goreng tepung ini akan disimpan untuk stock bisa digoreng 2 kali, yang pertama asal matang saja tapi belum terlalu coklat, lalu simpan bisa dilemari es dan bisa juga di freezer. Besoknya kalau akan dihidangkan digoreng lagi dalam minyak panas, sampai kecoklatan, hasilnya lebih bagus dan garing.

Biasanya saya memang selalu punya stock dalam freezer udang yang sudah matang ini, kalau kepepet males masak ya goreng udang ini dan hasilnya juga lebih renyah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home