Tuesday, March 28, 2006

Creme Caramel Cheese Cake


Yummy gak ???? engggaaaa.....
Sesuai judulnya yang susah itu, kita pendekin aja jdi C4 ya ?
Resepnya sih mungkin ada yang punya tapi kalau yang ini, asli ngarang sendiri, gara2 demen banget creme caramel atau creme brulee, juga karena baca di milis rame amat soal Japenese Cheese Cake jadi kepikir kalau di gabung piye ya ? Bisa gak ya ? abisnya resep JCC itu kan rada2 mirip bikin creme caramel, kenapa gak digabung aja ya ?. Nah jadinya kayak gini, karena juga lagi demen bikin foto, sekalian deh step by stepnya difotoin, buat yang penasaran pengen nyoba gampang deh jadinya.....hmmm buat yang udah pakar bikin JCC ya sekedar buat referensi ajah.


Panaskan oven di panas 150'C, masukkan loyang yang lebih besar dari pyrex yang aka kita gunakan untu bain marie, kasih air setengahnya, tutup oven biarkan kurleb 1/2 jam baru masukkan creme caramelnya.


caramel.
Pakai panci yang teflon, masukkan gula 2 cup gula pasir dan beri air 1/4 cup lalu panaskan dengan api sedang.
Jangan lupa sesekali diaduk. Biarkan gula larut dan mengental dan bila pinggirnya sudah mulai coklat, aduk2 agar rata coklatnya.
Bila sudah mulai coklat yang dikehendaki, tambahkan air panas 3/4 cup, didihkan lagi sampai semua tercampur rata.Jangan terlalu kental, harus masih mudah mengalir.


Tuangkan sepertiga bagian kedalam pyrex, biarkan agak dingin supaya agak mengeras, sementara sisanya caramel digodog lagi dan tambahkan air panas 1/4 cup yang sudah dicampur dengan 1/2 sdt nescafe, godog sampai caramel larut dan agak cair. Dinginkan dan simpan dalam wadah, saus caramel ini nanti untuk sausnya.



Panaskan susu ( atau susu campur cream), masukkan gula pasir aduk hingga gula larut kemudian tambahkan cream cheese, aduk2 sampai cream cheese lembut, dengan api sedang dan setelah mendidih langsung angkat dari api.


Campur terigu, tepung custard, campurkan kedalamnya kuning telur, aduk rata, kalau terlalu kental boleh tambahkan susu 2 sdm sampe 3 sdm, asal dapat larut dan tercampur dengan baik stop, kemudian masukkan campura susu dan cream cheesenya tadi. Gak apa2 masih panas2, asal aduk dengan kuat agar tidak menggumpal, kalau takut menggumpal tunggu agak hangat saja.




Kocok putih telur, sampai soft peak saja, gak usah terlalu keras.



Masukkan campuran susu tadi aduk rata dengan mixer kecepatan rendah sekali. Jangan terlalu cepat memasukkan adonan kuning telurnya supaya udara dalam putih telor tidak hilang.Setelah tercampur rata tuangkan dalam pyrex yang ada caramelnya.

Masukkan dalam oven yang sudah panas dan kira2 airnya sudah panas sekali. Rak oven paling bawah, jangan takut gak bakal gosong kok, hanya mesti sedia air panas di thermos, kalau nanti ditengah pengovenan airnya habis bisa ditambah.
Setelah 45 menit di oven, GPP kok dibuka ovennya gak bakal ambles, tapi jangan sebelumnya.


Setelah 75 menit akan tampak si C4 ini seperti ini, jangan langsung dikeluarkan dari oven, tapi biarkan dingin didalam oven. Setelah kira2 2 jam, keluarkan dari oven, hidangkan jika suka hangat2 tetapi jika ingin disajikan dingin masukan dulu dalam lemari es.

Resepnya :
500 cc susu
1 bungkus cream cheese (bisa 225 gr atau 200 atau 250, tidak banyak pengaruh kok).
8 telor pisahkan kuning dan putihnya
500 gr gula pasir
2 cup gula pasir untuk caramelnya
50 gr tepung custard
50 gr terigu ( kalau mau creme caramelnya lebih lembut boleh dikurangi terigunya sampai 25 gr)
Kalau ingin lebih rich, susu bisa dikurangi jadi 250 cc tambah cream cair 250 cc. ( enak banget nih jadinya tapiiii inget 1500 kalori sepotong nya.....tapi kalau mau sehat bisa pakai susunya yang low fat dan cream cheesenya yang reduce fat, lumayan juga kok.....)

Caramel dibawah C4 ini tidak cair seperti layaknya creme caramel biasa , tapi hanya melembabkan kuenya dan bagian bawah kue terlihat cantik dengan garis coklat dan terasa ada caramelnya. Baru saat akan dihidangkan siram dengan saus caramelnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home