Friday, March 03, 2006

Pudding Salju dengan Saus Strawberry

Mumpung Strawberry murah kayaknya lagi musim nih, makanya bikin pudding ini, dulu2 kalau bikin pudding ini, sausnya dari sele strawberry aja, ya lumayan juga tapi gak seenak strawberyy aslinya sih. Karena pudding ini menggunakan putih telur yang agak banyak hampir 10 butir ( 350 cc) maka harus diberikan campuran Maizena agar waktu dingin tidak misah, bagus seperti mousse.

Pudding Salju.
( kalau mau bikin 1/2 resep juga bisa pas untuk 1 cetakan loyang 28 cm)

4 bungkus agar2 putih
150 cc susu kental manis
100 cc cream cair
350 cc putih telur
300 gr gula pasir
2000 cc air
3 sdm maizena
1 sdm essence almond
4 sdm almond bubuk

Masak dengan air sebanyak 1500 cc, masukkan susu kental manis dan gulanya, aduk2 agar tidak mengendap susunya, didihkan.
Campur rata bahan : cream cair , air 500 cc, maizena, agar2 bubuk dan almond bubuk, masukkan kedalam air yang sudah mendidih tadi, masak hingga mendidih lagi kecilkan api paling kecil.

Kocok putih telur sampai kaku, angkat adonan agar2 dari api tuangkan pada putih telur kaku tadi sambil terus dimixer, kocok dengan kecepatan tinggi, agar semua busa putih telurnya lembut dan tercampur rata, masukkan almond essence, aduk rata.

Tuang dalam cetakan yang dikehendaki.

Saus Strawberry.

Masak 1 kg strawberry, dengan air 500 cc dan air jeruk lemon 1 buah.
Bila strawberry sudah mulai hancur , masukkan gula 500 gr.
masak sampai gula larut, masukkan pasta strawberry dan jika kurang merah masukkan pewarna merah, sampai warna yang dikehendaki. Bila terlalu manis tambahkan air, bila kurang kental dapat ditambahkan maizena yang sudah dicairkan.
Gak bisa pasti pemakaian gulanya karena kadang strawberry ada yang manis atau ada yang super kecut, resep ini dibuat ada saat strawberry agak kecut.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home